Selasa, 13 Mei 2014

Viorish Bukan Fairish part 1

Nama gue Viorish,dipanggil Vio. Gue sekolah di salah satu SMA di kota metropolitan Jakarta,bukan termasuk SMA favorit tapi memiliki mutu yang baik. Gue duduk di kelas dua SMA,dan gue tinggal disini sama orang tua. Gue punya kembaran,namanya Fairish. Kami kembar identik,yang membedakan adalah kalung kami.
Pagi itu semua orang rumah ramai oleh persiapan kepulangannya Fairish dari Amerika,maklum kembaran gue itu dapat beasiswa ke Amrik waktu lulusan SMP. Dulu gue sama dia daftar bareng buat dapetin beasiswa itu,tapi ternyata si Fairish yang dapat tiket ke Amrik. Dan hari ini gue jadi orang yang paling bosen karena harus ikut ini itu buat kepulangan Fairish.
“Vio,kan kamu bisa bantu beresin ini. Gak duduk males-malesan begitu di sofa” omel papa
“Vio capek,mau tidur. Kan ada mba Ine,mba Ine aja yang bantuin mama sama papa”
“hiiiiiihhhhh kamu tuh yaa,kayak Fai dong. Udah rajin,cantik pinter pula. Gak kayak kamu”
“terus aja pa.. bandingin terus aku sama Fai,iya aku tau aku males,jelek bodoh pula. Kutukan banget kan pa punya anak kayak aku” sahut Vio parau sembari pergi kekamar
“Vio,maksud papa bukan mau banding-bandingin ka…mu…” ucap sang papa namun terlanjur pintu kamar Vio di tutup kencang. Sang mama hanya dapat menghela nafas.
Di dalam kamar,Vio hanya dapat terpaku di depan jendela kamarnya yang lebar. Melamun memandangi langit biru dan awan yang berarak tertiup angin sepoi disiang itu,entahlah apa yang dia fikirkan siang itu. Tiba-tiba pintu kamarnya diketuk seseorang,Vio menghapus air matanya.
“masuk”
“Vio lagi apa..?? kok gak ikut bantu-bantu dibawah” tanya Ino
“gak ah males,kan ini pesta buat Fai. Bukan buat Vio”
“kenapa..?? masih suka dibanding-bandingin ya sama Fai. Kamu kan bukan anak SD lagi Vi,bisa lah gak ngambek kalo dibandingin gitu”
“Ino gak tau sih gimana jadi Vio,gak enak tau”
“ya iya,Ino gak tau. Tapi kan Vio gak harus ngambek banting pintu begitu,kak Fadhli sampe kaget lho”
“hiiihhh apa urusannya sama kak Fadhli,aneh ni Ino”
“hehehehe,dah yuk turun. Dah diapus gih air matanya yang kering tuh,keliatan banget habis nangis kayak habis diapain”
“ah Ino mah,aku bilangin mama Ina deh. Liat aja” ledek Vio sembari keluar kamar sambil berlari kecil
“Vio jangan dibilangin iih” ucap Ino sembari mengejar Vio

                Hari sudah sore,keluarga om Fino pulang. Karena mereka juga akan bersiap menyambut pulangnya Fai dari Amrik. Lagi-lagi Vio yang terkena imbas saudara kembarnya yang menurut keluarga besarnya dia anak sukses dan cerdas.
“Vio,mama sama papa mau pergi dulu sebentar. Nanti kalau ada apa-apa mbak Ine ada di dapur ya”
“iya,nanti bawa makanan ya ma”
“iya. Kamu gak belajar,bukannya besok ada ulangan ya”
“iya,nanti ah. Vio capek”
“cepat sana belajar,nanti papa kamu marah lho”
“mama nih,bilangin papa tuh jangan galak-galak sama anaknya”
“iya-iya,udah sana belajar,nanti mama beliin makanan deh” ucap mama sembari membelai rambut Vio
“dah ah,Vio mau tidur aja”
“enak banget kamu mau gak belajar,mau jadi apa kamu” omel papa
“papa tuh ya,bisanya Cuma bandingin aku sama Fai. Iya aku tau kak Fai tuh di mata keluarga papa punya nilai lebih dari pada aku,aku juga anak papa. Aku juga gak mau disbanding-bandingin mulu sama Fai”
“kamu tuh kalo dibilangin sama papa selalu ngelawan ya,cepat masuk kamar terus belajar”
Vio beranjak dari sofa di ruang keluarga,ia naik ke kamarnya yang terletak dilantai dua. Tangisnya pecah ketika ia telah berada di kamar,ada rasa iri terhadap Fai yang selalu dibanggakan oleh keluarga besar papa. Vio tahu keluarga besar mamanya tidak pernah seperti itu,makanya dia lebih betah kalau diajak ke rumah nenek dari mamanya. Ponselnya berdering ketika Vio sedang tersedu-sedunya menangis.
“halo..!!” bentak Vio
“heh..!! orang telpon kok dibentak,kamu nangis ya Vi..??”
“ah sok tau niih,Vio gak nangis tau”
“halaaahhh,eh mama sama papa lagi pergi kan. Mending Ino ke rumah Vio ya”
“boleh,bawa komik juga ya. Vio bosen banget nih”
“ok deh,sepuluh menit dari kemarin aku kesitu”
“sepuluh menit dari sekarang Ino,bukan kemarin. Ah nyebelin nih”
“hehehe iya iya,ok tunggu aku ya Vio”
                Ino berangkat menuju Vio,perlu diketahui Ino itu kakak sepupu Vio. Papanya Ino adik dari mamanya Vio. Sebenarnya mama Vio dan papa Ino itu saudara kembar juga tetapi tidak identik,jadi kelihatannya mereka adik kakak yang terpaut usia berbeda dua tahun. Kebetulan di keluarga mama Vio hanya empat bersaudara dan yang tinggal di Jakarta hanya Om Fino dan mama Vio.
“Vio,pintunya buka dong”
“iihhh ni tamu tak diundang,teriak-teriak dirumah orang gak jelas begitu”
“hihihihi,nih komiknya. Om sama tante lagi kemana Vi..??”
“gak tau tuh,jangan tanya sama aku geh. Tanya sama mama aja nanti”
“yeee judes,udah makan belom. Nih aku bawa makanan,tadi mama nyuruh aku bawain makanan buat kamu”
“belom,eh iya tante masak apa..??”
“udah nanti aja liatnya,mending masuk dulu. Biar ngobrolnya asyik”
“hheheh,sorry. Ya udah,yuk masuk.”
Ino masuk ke dalam rumah dan langsung menonton acara televisi,sedangkan Vio menaruh makanan yang dibawakan oleh Ino dari tante Ina di dapur.
“Ino,gulainya enak banget. Kapan tante masak gulainya..??” teriak Vio
“oh itu,tadi sehabis pulang dari sini langsung masak. Saudara mama mau datang hari ini,biasa lah kalau gak dimasakin gulai tuh katanya seperti tidak dari rumah ku” sembari berjalan ke arah dapur
“oh,aku baru tau tante Ina jago benar masaknya. Kapan-kapan boleh lah aku minta ajarkan dia” ucapnya sambil melahap gulai ikan kakap
“bilang aja sama mama,eh mbak Ine gak diajak makan tah. Kayak habis aja kamu makan segitu banyak”
“hehehe,tadi udah aku ajak. Kata dia nanti aja,dia lagi beresin peralatan yang tadi diobrak abrik papa. Kamu udah makan..??”
“udah,besok mau berangkat ke sekolah bareng gak Vi..??”
“hmm.. kayaknya gak bisa,mama mau nganterin aku. Dia ada urusan di Bakery,jadi aku sekalian berangkat bareng mama. Kenapa gak kamu aja yang bareng kita”
“gak ah Vi,aku berangkat sendiri. Kak Fadhli besok mau berangkat ke Surabaya,aku mau berangkat sama dia aja”
“hah..!! mas Fadhli mau ke Surabaya,ngapain..?? kan Dephien udah gak di Surabaya”
“biasa,orang sibuk bisnis ya begitu lah Vi. Kamu ikut gak jemput Fai di bandara..??”
“gak tau nih,pas banget aku ada latihan tambahan ekskul. Tapi ya kita liat aja nanti,seberapa ngotot papa nyuruh aku”
“hahahaha,kamu tuh kalo gak diomelin om kayaknya gak afdhol ya”
“hiiihhh,emang mau sholat pake afdhol”
“kamu pasti belum belajar deh Vi”
“hehehe,iya. Males banget,besok aku ulangan Kimia”
“ya udah belajar,Ino temenin deh”
“susah tau,pasti Vio besok jadi sasaran buat dicontekin sama temen-temen”
“hiih,sok tau juga ya. Dah cepetan belajar,nanti aku ajarin”
“iya-iya” sahut Vio
 Akhirnya Vio belajar juga,setelah dibujuk oleh Ino. Maklumlah hanya Ino yang dekat dengan Vio.
                Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 21:00,Vio yang tadi masih belajar materi kimia yang besok akan diujikan sudah tertidur di atas meja belajarnya. Ino segera menyelimuti Vio yang sudah terlelap,ia juga tak mungkin memanggil mbak Ine untuk menjaga Vio. Tak lama kemudian,kedua orang tua Vio pulang.
“lho Ino,sudah lama kamu disini..??” tanya tante Fina – mama Vio
“iya tante,tadi sih niat mau maen. Terus dengar si Vio besok ulangan kimia ya aku ajarin dia sekalian”
“hmm.. kamu nginep aja,udah malem juga. Pasti portal komplek tempat kamu juga udah ditutup jam segini” ujar om Harish – papa Vio
“iya sih,tapi Ino mau pulang aja om tante”
“ya udah kalo itu mau kamu,hati-hati dijalan ya. Salam buat orang rumah,maaf ya ngerepotin”
“iya tante gapapa kok,ya udah Ino pamit pulang dulu ya om tante”
“iya,hati-hati ya” ujar papa Vio
Mereka mengantarkan Ino sampai keluar gerbang rumah,Ino mengeluarkan sepeda motor matiknya dengan hati-hati agar tak berisik.


                Seperti biasa,Jum’at adalah hari yang sangat disukai Viorish. Tapi hari itu nampak berbeda,mama ataupun papanya belum hadir di meja makan. Viorish hanya menemukan mbak Ine yang sedang menyiapkan sarapan pagi.
“mbak,mama sama papa kemana..??”
“belum turun kok non,lha wong dari adzan subuh saya udah di dapur kok”
“iihhh mama niih,kan aku jadi kesiangan kalo begini. Kebiasaan nih” omel Viorish
Belum lama Viorish menggerutu,kedua orang tuanya turun dari lantai dua rumahnya.
“pagi sayang” sapa papa
“pagi” sahut Viorish dengan muka tertekuk
“kenapa lagi,kan mas Ino udah ngajarin kimia” tanya papa
“gapapa,lagi bete aja” jawab Viorish ketus
“maaf ya mama sama papa lama turunnya,jadi sekarang kamu mau makan roti atau nasi” tanya mama setengah membujuk
“bubur”
“lah mbak Vio nih gimana to,tadi bubur satu mangkuk udah dihabisin mau nambah lagi” sahut mbak Ine dari dalam dapur
“iihhh mbak Ine mah,gak bisa diajak koalisi niih”
Mama dan papa hanya tersenyum melihat ku berargumen dengan mbak Ina
“ya udah,kamu mau papa yang anter atau mama” tanya papa
“sama papa aja ah,kalo sama mama nanti pasti mampir kesana sini dulu”
“ya udah,nanti pulangnya juga papa jemput. Inget ponsel jangan mati” ancam papa
“iya-iya pa,galak banget”
“dah cepetan makannya,nanti kalian berdua terlambat” ucap mama menengahi
Kami bertiga menikmati makan pagi itu dengan nikmat,walau awalnya sedikit menjengkelkan karena harus menunggu mama dan papa yang entah mengapa tak biasanya lama sekali turun dari kamar. Dan saking lamanya menunggu,aku dan mbak Ine habis satu mangkuk bubur. Tapi aku bahagia hari ini,entah mengapa papa sangat ramah dengan ku. Aku juga bingung,Ino berkata apa kepada papa sampai-sampai papaku yang killer itu bisa semanis ini senyumnya. Aneh.

                Setelah selesai sarapan,aku dan papa berangkat ke tempat tujuan kami. Sedangkan mama berangkat ke Twin Bakery – toko roti milik mamaku. Sepanjang perjalanan aku dan papa tak banyak bicara. Ada rasa sungkan yang membuat aku enggan membuka obrolan,namun tiba-tiba papa menanyakan hal diluar dugaanku.
“Ino tumben boleh main,biasanya kamu tuh paling gak mau si Ino tuh main malen-malem kalo gak pas ada acara dirumah”
“iihh papa apa sih,emang salah ya Ino main ke rumah. Lagi pula tadi malem aku dibawain gulai ikan kakap. Dan papa gak aku kasih,weeekkk” ledekku
“kok papa gak dikasih,pelit nih Vio”
“abis mama sama papa lama banget pulangnya,emang kemarin abis dari mana..??”
“itu,hadir di nikahan temen SMA papa”
“yeee papa aja abis makan enak,jadi gak kebagian gulai ikan gak boleh marah dong” ucapku manja
“hah kamu tuh,dah kamu boleh turun. Nanti papa hubungi kamu kalo papa gak bisa jemput,biar mama yang jemput kamu”
“ok pa,ya udah Vio sekolah dulu. Papa hati-hati ya dijalan”
“iya sayang” ucap papa sambil mengecup pipi kanan dan kiri ku
Aku turun dari mobil,entah rasanya aku bahagia sekali pagi ini. Papa bisa begitu memperhatikan aku,padahal yang biasanya menegur seperti itu mama. Tapi jujur saja aku sedikit takut jika ditanya papa tentang Ino seperti tadi,hampir copot jantungku di tanyai hal itu. Tapi setidaknya aku tau,papa lebih suka bicara empat mata dengan anaknya. Lebih pribadi dan rahasia,walau watak papa berbeda dengan om dan tanteku dari keluarga papa.
Aku tidak melihat Ino pagi ini,mungkinkah dia ikut mengantar mas Fadhli ke bandara. Entahlah,hari ini aku tidak begitu memperdulikan kehadiran Ino pagi ini. Karena hari ini papa bisa berubah menjadi manis tapi tetap tegas dan galak dimata orang-orang sekitarnya. Aku juga bingung kenapa mama bisa jatuh cinta kepada papa yang jelas jelas galaknya melebihi guru Matematika,aku jadi senyum-senyum sendiri jika memikirkan itu. Ah jatuh cinta,aneh tapi nyata.
Tapi dari kejauhan justru Ino sedang memperhatikanku yang tersenyum sendiri,mungkin dia berfikir aku setengah gila karena Fairish akan menghabiskan liburannya di Indonesia. Asal dia tidak tahu aku sedang tersenyum memikirkan proses jatuh cintanya mama dan papa. Akupun melanjutkan membaca buku yang sengaja papa bawakan kepada ku pagi ini,buku yang sangat bagus dan sudah aku dambakan sejak lama untuk membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar